Writing




Haloha~ :)

Udah lama gak buat postingan gara-gara berbagai macam hal belakangan ini. Ya~salah satunya ujian, tugas, kena writer's block, malas(?) dan lain-lain. -____-

Padahal dulu saya semangat semangatnya nge-blogging, eh sekarang udah pergi kemana tuh semangat. Terus ngelanjutin fanfic atau fict saya, rasanya mengetik di keyboard pun terasa malas. Why? Why? Why?

Padahal udah ada pembaca yang nagih cerita saya, tapi waktu ada niat ngelanjutin, hati saya pasti bilang gini, "Besok aja deh, masih mau nikmatin waktu senggang." atau "Entar aja deh, masih mau istirahat dulu." -___-


Kalau dipikir-pikir dulu saya juga pernah gini. Kalau gak salah pas lagi gila-gilanya sama fanfic dan akhirnya nekat buat fanfic chapter yang sampai sekarang belum dilanjutin. -__- Ya. Saya tau mungkin pembaca itu kecewa karena saya melarikan diri  dan seperti gak tanggung jawab sama fanfic yang saya buat. Tapi memang yang membuat saya begitu,  malas dan kehilangan ide cerita.

Dari awal saya gak hobi menulis. Waktu buat fanfic pertama, saya juga gak suka nulis. Saya menulis karena mereliasasikan khayalan-khayalan saya. Ya. Cuman itu. Hanya merealisasikannya ke dalam bentuk tulisan dan dibagikan ke orang-orang. Saya juga ingin mengkoreksi tulisan saya, apakah bisa dikatakan bagus atau tidak.

Situs yang pertama membuat saya menulis adalah FFn (www.fanfiction.net).

Itu situs fanfiction, dimana semua member bisa menge-post fanfictnya dan me-review fanfict member lain. Saya ketemu ffn gara-gara lagi ngubrak abrik om gugel tentang kakashi, dan menemukan tulisan mengenai cerita kakashi. Waktu itu saya buta sama sekali mengenai 'fanfiction' dan tidak tau kalau yang saya baca itu merupakan fanfiction. Setelah berpetualang di fanfiction.net, dan membaca beberapa fanfic di sana barulah saya ngerti fanfiction itu apa?,  kenapa harus ada disclaimernya?, genrenya apa aja? dll. O ya, selama di FFn saya jadi ngerti tentang tata cara penulisan, EYD dan sebagainya.. padahal dulunya buta sama sekali.. x)

Bagi yang gak tau Fanfiction itu apa, ini aku jelasin dikit deh..
Fanfiction itu  seperti kita membuat jalan cerita sendiri mengenai tokoh-tokoh yang ada di komik, novel, film, game. Intinya semacam khayalan kita sendiri terhadap tokoh tersebut. Misalnya kamu ingin membuat Fanfiction Naruto yang akhirnya Sasuke jadi balik ke Konoha lagi, atau Kakashi sama Sakura yang akhirnya jadian (?) *maaf KakaSaku shipper soalnya.. :p*. Terserah jalan ceritanya seperti apa, yang penting kamu harus mencantumkan Disclaimer yang isinya 'semua karakter dan tokoh Naruto milik Masashi Kishimoto'. Ketika membuat Fanfic (singkatan Fanfiction) sebenarnya kita meminjam tokoh tersebut, jadi perlu dincantumin Disclaimer. Kalu tidak, siap-siap aja kamu dituntut dan dibawa ke pengadilan sama yang punya tokoh.. :p Awal mulanya, Fanfic dibuat hanya untuk kesenangan diri sendiri dan fans-nya. Yang aku denger sih, fanfic pernah dilarang karena melanggar hak cipta. Maka dari itu, Fanfic gak boleh diperjual belikan secara bebas dan diambil keuntungan materilnya. Boleh sih dijual tapi hanya di bagian kalangan fans itu sendiri dan tidak mengambil keuntungan.

Nah, setelah kira-kira setahun menjelajah di FFn. Saya merasa bosan dan akhirnya jarang main ke sana. Terus akhirnya vakum . Tapi selama vakum, saya tetap menulis fanfic tapi fanfic korea. Itu pun hanya beberapa. Kemudian saya vakum lagi dan ketika ngubrak-abrik gugel ketemu situs Wattpad.

Nah, disitu saya nemuin cerita-cerita fantasi mirip novel terjemahan. Kebetulan saya menyukai cerita fantasi, jadi saya sangat sangat menyukai situs ini. Saya suka cerita-cerita di sana karena benar-benar menarik dan tulisannya sangat bagus. Wattpad berbeda dengan FFn, jika di FFn hanya menampung Fanfiction kalau di wattpad semua tulisan termasuk fanfiction, fiction, puisi ada di situ.

Karena membaca cerita-cerita di sana, semangat menulis saya naik. Dan akhirnya membuat sebuah fiction dan lumayan diterima sama member sana. ^^

Tapi sekarang, semangat itu hilang. Entahlah. Tapi saya juga gak mau kecewain pembaca saya, jadi mungkin dalam waktu dekat saya akan mencoba menulis lagi. :)

Dan juga saya mencoba membuat 'menulis' menjadi kesukaan saya, sehingga gak males-malesan lagi. :)

Terima kasih sudah mendengarkan. :) 

Label: ,

Sabtu, 14 Juli 2012 @ 14.21 / 0 Komentar




« Older posts Newer posts»



Copyright ©. Layout by OhMissLinda.
Please view with Google Chrome in a screen resolution of 1280 x 800.
Picture from: Tumblr All rights reserved 2011 - Infinite.