K-POP vs J-POP

flagpinsjapansouthkorea



Halo~~ Postingan kali ini saya akan membahas tentang k-pop dan j-pop.

K-POP. Siapa yang gak tau k-pop sekarang? ==’a Bahkan adik-adik kecil yang ingusan aja tau lagu suju ataupun nenek-nenek di samping rumah saya bisa nge-dance snsd-gee. <<saya tidak bisa bayangin yang satu ini.



Oke, saya mengenal k-pop dimana saat itu k-pop masih jarang sekali. Dimana waktu itu, suka k-pop masih dianggap ‘nerd’, ‘aneh’ dll. Kalau gak salah, itu sekitar tahun 2008, waktu saya masih kelas 1 SMA.




Lagu k-pop itu rata-rata penuh semangat karena dia bermain di techno dan RnB (tolong perbaiki kalau salah). Efek nge-beat-nya itu bisa bikin mood saya  ceria. :) Ditambah dengan fisik yang oke punya dan dance yang apik. Huwaaa…saya makin tergila-gila dengan k-pop saat itu.  Waktu itu saya hanya mengenal boyband dan girlband-nya saja, seperti DBSK , Super Junior, SNSD, 2PM, 2AM, B2ST. 
dbsk
DBSK(Dong Bang Shin Ki)
 [ini boyband pertama yang saya suka.. :’)]





super junior
Super Junior


snsd
 SNSD [So Nyeo Shi Dae]




(ket: karena saya sukanya pas jaman jadul, jadi saya pasangnya foto-foto jadul... :'))

Sejak saat itu, saya terus mengikuti perkembangan K-pop. Download lagu/mv terbaru hingga memori laptop saya penuh. -___-|| Tapi lama kelamaan saya agak bosan dengan konsep mereka. Lagunya begitu-begitu saja. Nge-beat, nge-beat dan nge-beat. Mau yang girlband/boyband senior atau yang junior konsep lagunya begitu semua. Ya~walaupun ada beberapa yang berbeda dan enak didenger. Saat itu saya mulai merambah ke penyanyi solo atau group band. Saya kenal IU, Leessang dan 10cm. Musik mereka berbeda, gak bosen di kuping.




IU
IU



leessang
Leessang


10cm
10cm


Sekarang kita membahas J-Pop. Saya mengenal j-pop saat SMP dimana saat itu saya menggilai anime. Waktu itu saya hanya tau tentang ost Anime saja, seperti FLOW-Go! [ost Naruto], Uverworld[ost. Bleach], Orange Range-Viva Rock[ost. Naruto] dll. Musik j-pop rata-rata diwarnai dengan group band yang unik seperti Flow yang punya dua vocalist. Musik J-pop juga rata-rata semangat dan membangkitkan mood. Coba denger deh lagu-lagu diatas tadi. Semangat semua kan?


flow
FLOW


Momusu
Momusu [Morning Musume]


arashi
Arashi



Lagu J-pop yang slow, contohnya Do As Infinity-Fukai Mori. 





Namun, semenjak saya mengenal K-pop tahun 2008, kesukaan saya terhadap J-pop menurun. Hanya ada beberapa music J-pop di playlist saya. ==’a


Selama yang saya amati, ada beberapa perbedaan J-pop dan K-pop :

 Yang pertama, music K-pop itu dibuat untuk mendunia. Mereka mengenalkan k-pop lewat Youtube, coba deh search salah satu boyband/girlband/groupband/penyanyi solo korea, banyak kan video-nya.. OwO  Nah, kalau J-pop itu pasarnya hanya di Jepang itu sendiri. Coba search video YUI atau Sweet Vacation. Sedikit. ==’a. Sangat susah dapat video mereka atau bahkan lagu mereka karena tidak di-upload ke internet. Hal ini sangat menyedihkan buat saya.. :’(


1.   
2.      Musik k-pop kebanyakan nge-beat dan meaningless. Musik k-pop itu rata-rata reff-nya hanya mengulang kata-kata yang itu-itu saja, seperti Mr. Simple[Super Junior], Touch[Miss A]. Saya juga gak berpendapat bahwa semuanya nge-beat dan meaningless, ada juga yang meaning-nya dapet banget kayak lagu 
Kalau J-pop musiknya lebih bervariasi dan meaning-nya dapet banget. Musik J-pop juga tidak hanya bercerita mengenai cinta, tetapi keluarga, sahabat, atau cita-cita. Contohnya YUI-gloria, YUI-to mother.

3.      Mengenai girlband/boyband, K-pop lebih unggul. Dance mereka lebih semangat dan bervariasi. Tidak hanya sekedar gerakin tangan dan kaki, gerak sana gerak sini. Kita ambil perbandingannya SNSD-Gee dengan AKB48




 






4.      Semua artis K-pop muka palsu. Kebanyakan dari artis K-pop melakukan operasi plastik, biasanya di mata untuk membuat double eyelid, di rahang sehingga membentuk v-line, atau di hidung supaya runcing. Ada beberapa yang blak-blakan ngomong bahwa mereka operasi plastik, seperti Shindong Super Junior yang melakukan operasi double eyelid. Saya juga tidak men-judge bahwa semua artis K-pop melakukan operasi plastik, tapi dilihat dari kebudayaan Korea Selatan yang menganggap bahwa tampang itu penting dan kebudayaan operasi plastik disana sudah menjamur, who’s know?


Mengenai artis J-pop, saya tidak tau kebudayaan operasi plastik di sana seperti apa. Tapi saya rasa ada beberapa yang melakukannya. Kebanyakan girlgroup J-pop bermuka imut dan manis, sementara girlband K-pop cantik seperti boneka.



Reina Tanaka, Reina Tanaka of Morning Musume
Reina Tanaka_Morning Musume






Seeya
Nam Gyuri- Ex-member Seeya


Terus Saya juga sering melihat bahwa girlgroup J-pop, rata-rata mempunyai gigi gingsul, sementara girlband K-pop mempunyai gigi yang rapi dan putih mengkilat.


Suzukiairi
Suzuki Airi-(buono!)-gigi gingsul
akb48
Tomomi Itano (AKB48)-gigi gingsul
sulli
Sulli (F(x))-gigi rapi



Mungkin hanya segini perbedaan yang saya temukan, bila ada lagi silakan ditambahkan di kotak komentar. :) Atau ada yang mau berkomentar, dan melayangkan pendapatnya, saya persilahkan namun dengan bahasa yang sopan dan NO BASHING. :)

Bila ada yang nanya, ‘Jadi lebih suka J-pop atau K-pop?’

I love them both all.. :3 Saya menyukai music J-pop yang bervariasi dan juga menyukai music K-pop yang catchy.

Label: ,

Kamis, 24 Mei 2012 @ 09.34 / 6 Komentar




« Older posts Newer posts»



Copyright ©. Layout by OhMissLinda.
Please view with Google Chrome in a screen resolution of 1280 x 800.
Picture from: Tumblr All rights reserved 2011 - Infinite.